Musik Klasik : Pengertian, Sejarah, dan Jenis


Musik klasik merupakan salah satu genre musik yang tak bisa dilepaskan dari perkembangan musik dunia. Istilah musik klasik mengarah pada musik yang bersumber dari kesenian Barat.

Sepanjang sejarah perkembangan musik, setiap jenis musik mempunyai ciri khas tersendiri. Tak hanya itu, cara memainkan alat musik hingga fungsinya juga berbeda-beda.

Lalu, mengapa musik klasik disebut sebagai sebuah genre yang berakar dari kesenian Barat? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Musik Klasik

Musik klasik dalam istilah luas umumnya mengarah pada genre musik yang dibuat atau berakar dari tradisi kesenian Barat. Terdapat beberapa anggapan bahwa jenis musik ini identik dengan ajaran Kristiani hingga musik orkestra yang mencakup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21.

Pengertian lain dari musik klasik yakni musik yang berkembang di daratan Eropa. Seni musik ini merupakan sebuah kebudayaan yang berkaitan erat dengan budaya bangsa-bangsa di Eropa.

Disamping itu, musik klasik juga diartikan sebagai suatu musik yang dikomposisi dan lahir dari budaya Eropa yang diperkirakan berasal dari tahun 1750-1825.

Sejarah Musik Klasik

Tercatat bahwa musik pertama kali muncul di peradaban China dan Mesir di abad ke-2 dan abad ke-3 sebelum Masehi (SM). Pada waktu itu, terdapat alisan musik tertentu dengan pengaruh musik dari peradaban Mesir dan Babilonia. Dari sana kemudian muncullah perkembangan musik Hibrani yang terus berkembang hingga menjadi “Musik Gereja”.

Sejak saat itu, musik klasik berkembang dengan pesat dan dikenal luas, terutama oleh masyarakat Eropa. Kala itu, seni musik ini sangat populer  dan terus berkembang hingga abad ke-16 Masehi.

Jenis musik ini dibedakan menjadi dua jenis, yakni musik non-barat dan juga musik populer. Akhir masa musik klasik adalah sekitar abad ke-21. Saat itu, musik klasik merupakan masa perpindahan terakhirnya menuju ke musik modern. Ada satu grup musik yang sangat populer dan merupakan golongan musik klasik, yang disebut dengan “orchestra”.

Jenis Musik Klasik

Pembagian musik klasik didasarkan pada periode atau tahun musik itu diluncurkan. Berikut ini dijelaskan beberapa jenis alat musik tradisional, antara lain:

Notasi Greogorian (590 M)

Notasi Greogorian merupakan cikal bakal terbentuknya musik klasik. Jenis musik ini telah ada sejak tahun 590 M. Notasi musiknya terdiri dari empat garis balok not dengan irama tak menentu, sehingga cara memainkan musik ini hanya mengandalkan hitungan dan perasaan penyanyi.

Organum (1150-1400 M)

Musik organum adalah jenis musik klasik yang telah ada sejak tahun 1150-1400. Pada zaman musik ini, banyak yang tidak bisa mempelajari suatu lagu yang bernada tinggi dan rendah.

Oleh karena itu, dilakukan modifikasi menjadi musik diafoni. Musik diafoni itu sendiri adalah suatu suara yang kuat dan rendah mengikuti melodi.

Basso Ostinato (1600 M)

Musik Basso Ostinato merupakan jenis musik klasik yang sudah ada sejak tahun 1600. Seni musik ini adalah suatu rangkaian nada yang berjalan selangkah demi selangkah yang mengarah ke bawah dan ke atas, dan diulang dengan serangkaian nada lain bersamaan.

Polifoni era Barok (1600-1750)

Musik Polifoni merupakan jenis musik klasik yang sudah ada sejak zaman Barok. Musik klasik jenis ini menggunakan teknik kontrapung, yakni susunan melodi yang begitu banyak.

Homofon (1750-1825)

Musik Homofon merupakan jenis musik klasik yang muncul di tahun 1750-1825. Di era ini, ditemukan suatu susunan kunci yang terdiri atas tiga suara, hingga dieksplorasi menjadi empat suara bahkan lebih. Musik ini juga kerap disebut sebagai musik harmoni.

Era Romantika (1825-1910)

Musik romantika merupakan jenis musik klasik yang muncul sejak tahun 1825-1910. Di zaman ini, musik romantik tidak mengalami perubahan yang berarti dari segi teknik kontrapung dan harmoninya.

Musik Klasik Era Modern (1910-Sekarang)

Musik Klasik Era Modern muncul dan terus berkembang hingga saat ini, jenis-jenis musik yang tergolong dalam musik klasik yang terkenal di era modern, antara lain blues, rock, musik tradisional, dan musik keagamaan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai sejarah alat musik tradisional yang wajib diketahui. selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer