Mengenal 5 Alat Musik Tradisional Beserta Daerah Asalnya

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budayanya, termasuk dalam bidang kesenian. Maksud dari kesenian ini, seperti tari-tarian, lagu, dan alat musik.

Maka, tak heran jika Indonesia dikenal memiliki beragam alat musik tradisional. Alat musik tradisional Indonesia adalah salah satu warisan budaya yang lahir dan berkembang dari budaya daerah tertentu yang diwariskan secara turun temurun.

Setiap alat musik daerah atau suku di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing.

Untuk lebih memahaminya, yuk cari tahu lebih dalam apa saja alat musik tradisional dengan membaca ulasan di bawah ini.

1. Kecapi - Jawa Barat

Kecapi adalah salah satu alat musik yang berasal dari Jawa Barat dan telah dikenal oleh masyarakat mancanegara.

Alat musik yang satu ini banyak dimainkan sebagai alat music utama dalam Tembang Sunda dan Kacapi Suling.

Kecapi dikategorikan sebagai alat musik kordofon karena dimainkan dengan cara dipetik. Kecapi terbagi menjadi dua jenis, yaitu kecapi perahu dan kecapi siter. Alat musik tradisional ini memiliki jumlah senar sekitar 15 hingga 20.

2. Gamelan - Jawa Tengah

Gamelan merupakan salah satu alat musik yang berasal dari Jawa Tengah. Alat musik yang satu ini sudah ada di Jawa sejak tahun 404 Masehi.

Gamelan ini dapat kamu temui di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Bali, Madura, dan juga Lombok. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan dipukul menggunakan pemukul khusus.

3. Sasado - NTT

Sasado adalah salah satu alat musik yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Sasado ini sendiri terbuat dari bambu, kayu, paku penyangga, senar string, dan daun lontar.

Alat musik ini memiliki jumlah senar atau dawai sekitar 28 dawai dan 58 dawai. Cara memainkannya dengan memetik dawainya dengan menggunakan kedua tangan.

4. Saluang - Sumatera Barat

an salah satu alat musik yang berasal dari Sumatera Barat. Alat musik yang terbuat dari bambu talang ini merupakan khas dari suku Minangkabau di Sumatera Barat.

Masyarakat setempat beranggapan bahwa bambu talang dapat mengeluarkan suara yang lebih bagus dan merdu.

5. Kolintang - Sulawesi Utara

Kolintang merupakan salah satu alat musik yang berasal dari Sulawesi Utara. Alat musik ini digunakan untuk mengiringi upacara ritual adat yang berhubungan dengan penghormatan roh leluhur.

Biasanya, kolintang ini dimainkan secara kelompok dengan cara dipukul dengan pemukul kayu khusus.

Selain itu, kolintang juga dikenal oleh masyarakat luar negeri. Bahkan, permainan kolintang pernah memecahkan rekor dunia pada tahun 2009.

Daftar di atas hanya sebatas contoh alat musik tradisional. Namun sebenarnya, masih banyak sekali alat musik tradisional yang belum disebutkan.

Beberapa alat musik memiliki kemiripan dalam bentuk dan cara memainkannya. Ini adalah bukti asimilasi budaya yang pernah terjadi di Indonesia.

Komentar

Postingan Populer